8 Buah Tropis Kaya Gizi

Buah Tropis Kaya Gizi – Mungkin Anda tidak begitu tertarik ketika melihat beberapa jenis buah tropis ini di toko buah atau tukang sayur. Tapi tahukah Anda, ternyata buah-buah ini memiliki begitu banyak vitamin.

Yuk, pelajari cara menikmati buah-buahan tropis dengan tips cepat berikut ini.

buah tropis

Markisa.

Aromanya sangat harum, berbentuk telur, dan memiliki beragam warna seperti ungu, merah, atau kuning. Granadilla (“delima kecil” dalam bahasa Spanyol) kaya akan vitamin A dan C, potasium, serat, dan mengandung 16 kalori per buah. Ada yang bilang, rasanya seperti jambu. Cara menikmatinya sangat mudah. Iris bagian tengah markisa, lalu santap buahnya denganmenyendoknya langsung menggunakan sendok. Anda juga bisa menyajikan dalam salad buah, sebagai jus, makanan penutup, saus, atau campuran masakan.

Belimbing.

Buah belimbing berasal dari Asia Tenggara. Setiap buahnya mengandung 40 kalori dan merupakan sumber vitamin C terbesar. Cuci, iris, dan makan seluruh bagian dari buahnya tanpa harus mengupas kulitnya. Anda bisa menambahkannya ke salad, masakan, atau menggunakannya sebagai hiasan. Yang perlu diingat, buah ini mengandung asam oksalat pembentuk batu, sehingga orang dengan masalah ginjal tidak boleh mengkonsumsinya.


Acai.

Acai berry berasal dari pohon palem di hutan hujan Brasil. Bentuknya kecil, gelap, bulat seukuran blueberry, dan rasanya seperti coklat. Banyak yang menikmatinya sebagai jus,smoothie, atau dikeringkan dan dicampur dengan granola. Buah ini disebut “superfood” karenakaya anthocyanin (yang membentuk warnanya) dan asam lemak esensial yang diyakini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Mangga.

Buah mangga berasal dari Asia Tenggara. Bentuknya oval dengan aneka warna (hijau, kuning, merah). Kaya akan antioksidan, vitamin A dan C, kalium, dan serat. Menikmati mangga sangatlah mudah. Anda tinggal mengupas kulit, membuang bijinya lalu memakan dagingnya.

Pepaya.

Dagingnya sangat lembut seperti mentega. Buah pepaya dengan rasa yang sangat manis ini hadir dalam berbagai ukuran, yang terbesar bisa mencapai 20 inci. Pepaya mengandung 118 kalori dan kayavitamin C, sumber folat, serta potasium. Pepaya juga mengandung enzim papain yang digunakan dalam pelunak daging dan berguna mencerna protein.

Delima

Buah ini kaya akan antioksidan dan serat. Ukurannya seperti buah apel, berwarna merah tua yang dagingnya berbentuk seperti biji permata. Rasanya manis-asam dan renyah. Bijinya bisa diperasdan dinikmati dalam bentuk jus. Atau, Anda bisa menikmati bijinya langsung, bersamaan dengansalad, atau ditaburi di atas yogurt rendah lemak sebagai hidangan penutup. Satu setengah cangkirdelima mengandung 80 kalori.

Jambu Biji.

Rasanya yang juicy, manis, dan asam, mengingatkan kita akan rasa stroberi dan pir. Dagingnya memiliki warna yang beragam. Ada yang putih, kuning, merah muda, atau merah tua. Ada juga yang tumbuh dengan atau tanpa biji. Buah ini merupakan sumber vitamin C dan A, serat, kalium,dan fosfor.

Kiwi.

Kulitnya berwarna coklat berbulu. Rasanya sembriwing dengan kombinasi manis-asam.Mengandung 70 kalori, kiwi merupakan sumber kalium, serat, dan vitamin C yang jumlahnya dua kali lipat dari jeruk. Sebenarnya, kulit kiwi bisa dinikmati bersamaan dengan dagingnya, tapi banyak orang yang mengupas kulitnya saat mengkonsumsi buah ini. Kiwi sering dijadikan campuran dalam salad, disajikan sebagai smoothies atau jus.

Sumber : http://artikel.co/1973/8-buah-tropis-kaya-gizi.html

Related Posts: