Rahasia Sehat Dibalik Susu Kerbau

Selama ini masyarakat Indonesia lebih familiar dengan susu sapi daripada susu kerbau. Minum susu kerbau pun bukan hal yang biasa dilakukan. Meski begitu, tak ada salahnya mengintip manfaat sehat dari susu kerbau. Susu kerbau ternyata tak kalah menyehatkan dibanding susu sapi.

Rahasia Sehat Dibalik Susu Kerbau

Di India, susu kerbau bahkan digunakan sebagai bahan untuk membuat yogurt, keju, dan lainnya. Penasaran dengan manfaat susu kerbau ? Ini penjelasannya :

1. Kaya protein
Susu kerbau mengandung protein dengan sembilan asam amino di dalamnya. Satu cangkir susu kerbau mengandung sekitar 8,5 gram protein. Susu ini bisa direkomendasikan untuk orang lanjut usia sebagai cara melindungi kesehatan otot.

2. Kaya mineral
Susu kerbau kaya akan kalsium yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Minum susu kerbau secara teratur bisa melindungi Anda dari osteoporosis. Susu kerbau juga kaya magnesium, potasium, dan fosfor. Susu ini juga kaya zat besi yang penting bagi produksi sel darah merah serta meningkatkan fungsi otot.

3. Kaya vitamin
Susu kerbau mengandung banyak riboflavin dan vitamin B12. Sebuah penelitian mengungkap bahwa vitamin B12 bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Di dalam susu kerbau juga terdapat vitamin A, vitamin C, dan thiamin. Begitu juga folat, vitamin B6, dan niacin.

4. rendah kolesterol
Kolesterol buruk seringkali dianggap berbahaya untuk kesehatan. Susu kerbau hanya mengandung sedikit kolesterol. Ini artinya, susu ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi pasien penyakit jantung dan diabetes. Susu kerbau juga bisa menurunkan tingkat kolesterol buruk (LDL) pada tubuh Anda.

5. Tinggi lemak
Jika Anda ingin menaikkan berat badan, susu kerbau bisa menjadi salah satu pilihan. Susu ini mengandung lebih banyak lemak dibandingkan susu sapi. Lemak ini bisa meningkatkan massa otot dan membantu menggemukkan tubuh.

Itulah beberapa manfaat minum susu kerbau untuk kesehatan. Kenapa tak mencobanya sendiri dan dapatkan manfaat kesehatannya.

Related Posts: