Berbagai Manfaat Buah Nanas

Nanas (Ananas comosus) adalah salah satu buah tropis yang kaya akan manfaat. Selain rasanya yang enak, buah ini banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 7 mafaat buah nanas bagi kesehatan.

nanas saat hamil

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi. Nanas mengandung kalsium dan fosfor yang sangat kaya dan sangat bermanfaat untuk memperkuat gigi. Vitamin C dalam buah nanas dapat mencegah timbulnya plak gigi dan menjaga kesehatan gusi, sehingga kesehatan gusi dan gigi terjaga.
Mempercepat Penyembuhan Luka. Kandungan berbagai macam enzim dalam buah nanas memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Beberapa jenis luka seperti luka bakar dan luka lebam ternyata dapat lebih cepat sembuh jika sering mengkonsumsi nanas.


Mengobati Sakit Flu dan Batuk. Di dalam 100 gram buah nanas segar, terkandung sekitar 24 mg Vitamin C. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit flu. Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas berguna untuk mengobati flu dan mengencerkan dahan dalam tenggorokan, sehingga flu dan batuk berdahak dapat reda.

Memperkuat dan Menjaga Kesehatan Tulang. Nanas adalah buah yang kaya akan mineral kalsium dan mangan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Satu gelas jus buah nanas sama dengan 70% kebutuhan zat mangan yang disarankan tiap harinya. Mengkonsumsi nanas sangat disarankan bagi remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Menyehatkan Pencernaan. Nanas memiliki manfaat yang cukup besar untuk pencernaan karena adanya kandungan enzim bromelain dalam buahnya. Enzim bromelain dalam buah nanas diketahui mampu membatu pencernaan zat protein dalam usus halus sehingga protein dapat segera dicerna oleh tubuh. Mengkonsumsi buah nanas setelah makan ternyata dapat mencegah perut mual, kembung dan sembelit. Enzim bromelain juga dapat berfungsi untuk menetralkan asam dalam darah.

Sumber : http://artikel.co/2471/berbagai-manfaat-buah-nanas.html

Related Posts: