Kulkas Yang Benar-benar Mini

Pertama kali saya melihat benda ini melalui sebuah iklan di facebook, kulkas yang dimaksud disini bukannya kulkas mini seperti di hotel-hotel tetapi benar-benar mini sehingga hanya muat sebotol minuman kaleng soda, dan tenaganyapun hanya menggunakan usb power dari laptop atau charger. Berikut adalah penampakannya








Pertamakali melihat iklan ini saya curiga apa benar ini bisa mendinginkan, apa hanya heatsink plus kipas aja? Setahu saya kulkas minimal ada kompresor, heatsink dan freon. Waktu pelajaran fisika SMP dulu pernah di pelajari kalau proses pendinginan terjadi ketika freon dekompresi (menguap) dan menyerap panas seperti yang dirasakan tangan saat alkohol menguap ditangan, kemudian uap ini di embunkan secara paksa dengan kompresor + heatsink. Jadi kulkas pastilah butuh daya yang cukup besar.

Well karena tidak mau buruk sangka lalu saya searching di google dan wikipedia, dan hasilnya ternyata tidak sekedar hanya heatsink + kipas tetapi ada komponen lain yang menggunakan prinsip Thermoelectric Cooling atau Peltier Effect, efek ini biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik, dan mengukur temperatur sebuah objek. Prinsip kerja pendinginan adalah dengan mengalirkan panas dari pendingin menuju heatsink menggunakan tenaga listrik, kemudian heatsink membuang panas yang terkumpul ke udara menggunakan kipas. Tentu saja efektifitas prinsip ini tidak sebesar pendinginan menggunakan freon, hanya sekitar 5 - 10 % dari mesin ideal (Carnot Cycle) sedangkan kulkas 40 - 60 % mesin ideal.




Gambar Penampakan Komponen Thermoelectric Cooling
yang terbuat dari semikonduktor

Jadi jika anda hanya ingin sekedar mendinginkan segelas minuman, alat ini patut dicoba. Tapi jangan harap akan sedingin air es apalagi membuat es batu. Mungkin ada sobat yang sudah pernah membeli, silahkan memberikan komentar.
 
 
Artikel Lainnya

Related Posts:

0 Response to "Kulkas Yang Benar-benar Mini"

Posting Komentar